ilmu-bisnis-7-cara-membangun-hubungan-dengan-pelanggan adnanrisnawan

7 CARA MEMBANGUN RELATIONSHIP DENGAN PELANGGAN

AdnanRisnawan.com – Era Bisnis di Zaman sekarang sangat memerlukan jaringan (networking) yang kuat, Mengapa? Karena era sekarang bukan hanya era-nya persaingan tetapi juga era kolaborasi.

Kasus sederhananya, ketika kita kebanjiran job, kita bisa melimpahkan job tersebut kepada bisnis sejenis yang berafiliasi langsung dengan kita.

Nah, disini kita bisa tetap melayani orang lain dan juga berbagi rezeki.

Dengan membangun hubungan yang kuat dengan para relasi, akan didapat banyak manfaat.

Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana teknik menghadapi konsumen. Untuk menciptakan keberhasilan dalam berkomunikasi dengan pelanggan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sbb:

1. Menciptakan Kesan yang Tak Terlupakan


Kesan tersebut dapat diciptakan dengan sapaan yang hangat, senyuman yang tulus, salaman yang hangat, bahasa tubuh yang sopan, pembicaraan yang terstruktur, kata-kata yang positif, keterbukaan, dsb.

Konsistensi sangat diperlukan ketika menjalankan cara ini. Jika hal ini dibiasakan para relasi bisa merasa nyaman. Terlebih kalau ada hal-hal yang mebahagiakan pelanggan kita jika kita mengucapkan hal tersebut, seperti hari lahir, hari pernikahan, hari raya, dll.

2. Gunakan Kata-kata yang Sederhana

Sebagai seorang komunikator, Jangan gunakan kata-kata yang rumit dan panjang, Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti. Kerumitan struktur kata dapat melelahkan para pendengarnya dan bisa mengaburkan makna pesan yang berakibat kesalahpahaman.

3. Selalu Bersedia Memberikan Bantuan

Nah, bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara diantaranya mengatur jam kerja khusus, atau bisa juga dengan menyiapkan staff khusus.

4. Gunakan Kata-kata yang Positif

Kata-kata positif yang diberikan akan membuat pendengarnya lebih optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, energik, bahagia bahkan bisa memberikan rasa simpati kepada kita selaku pedagang. Parapembeli pun akan sangat merasa nyaman jika diperlakukan demikian.

5. Update hal-hal terbaru

Setiap orang butuh informasi, tawarkan kepada para pelanggan sebuah kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru. Apalagi bisa ditawarkan secara gratis atau bahkan lebih murah dari harga normal.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan berbagai media seperti SMS, WhatsApp, BBM, email. Dengan media ini kita juga bisa mengirimkan artikel-artikel terupdate atau hanya sekedar quote motivasi.

6. Ketulusan

Sekalipun tidak bersuara, ketulusan itu dapat terlihat dari berbagai hal,mulai dari mata, guratan wajah dan gerak-gerik bahasa tubuh. Bahkan tulisan di BBM, WhatsApp,bahkan status-status di Media Sosial.

7. Jaga Emosi dan Sikap Kita

Seseorang biasanya mudah terpancing secara emosional ketika menerima keluhan yang diungkapkan, terlebih jika mereka berlaku tidak sopan. Perlu kesabaran yang luar biasa untuk menghadapi ini. Ingatlah hubungan jangkapanjang, tapi kita perlu ingat bahwa silaturahmi yang baik akan membuat bisnis menjadi lancar.

Jika sahabat pembaca memiliki ide lain selain hal diatas, Anda bisa menyampaikannya kolom komentar di bawah ini Terima Kasih.